Minggu, 31 Desember 2017

BERINFAQLAH DENGAN SESUATU YANG DI CINTAI

Kaum Muslimin yang sama-sama mengharapkan ridha Allah ta'alaa, Diriwayatkan oleh Sahabat Anas Radhiyallahu‘anhu, bahwa beliau berkata : Abu Thalhah Radhiyallahu‘anhu datang kepada Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam seraya berkata, ”Wahai, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ! Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. [ Qs. Ali Imran : 92 ].

Sesungguhnya harta yang paling aku senangi adalah tanah bairoha. Dan sesungguhnya tanah ini aku shadaqahkan untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aku berharap surgaNya dan simpanannya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Wahai, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ! Aturlah tanah ini sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi petunjuk kepadamu … [ HR Bukhari, Kitab Az Zakat, 1368 ]

Ya begitulah keadaan Para Sahabat dalam hal kebijakan, mereka radhiyallahu’anhum ajma'in tak pernah mau ketinggalan dalam beramal, sehingga pernah seorang ulama memberikan perumpamaan kita dengan Para Sahabat seperti Kura-kura dan Kuda. Para Sahabat berlari kencang seperti kuda dalam menuju Rabbnya, sedangkan kita seperti kura-kura yang berjalan dalam menuju Rabbnya.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita diatas hidayah-Nya dan selalu ringan dalam kebaikan.

Wallahu a'lam bish-shawwab.

Bumi Allah, 16 November 2017
al faqir ilaaLLah Sigit Indrajid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar